Apa itu Digital Marketing dan Kenapa Penting?

apa itu digital marketing dan kenapa penting

Digital marketing adalah usaha untuk memasarkan (marketing) produk dan jasa dengan memanfaatkan koneksi internet dan teknologi digital. Hal ini berarti digital marketing menggunakan pendekatan yang lebih modern dibandingkan usaha pemasaran tradisional agar mendapatkan hasil yang maksimal dan terukur.

Ada sebagian dari Anda mungkin bertanya : “apa manfaat digital marketing untuk usaha saya saat ini? dan apakah digital marketing benar-benar dapat meningkatkan omset bisnis saya?”

Pertanyaan seperti diatas sangat lumrah bagi mereka yang “baru akan menjalankan strategi digital marketing”, karena untuk dan rugi dari setiap keputusan yang akan diambil dan dijalankan dalam usaha membesarkan bisnis memang harus dipikirkan secara matang.

Namun bagi mereka yang telah terjun langsung selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun dalam dunia digital marketing, mungkin pertanyaan diatas sudah tidak ada lagi, akan tetapi berganti menjadi pertanyaan : “strategi digital marketing apa  yang dapat meningkatkan omset bisnis saya?” (bagi yang telah menjalankan beberapa strategi digital marketing).

Atau mungkin pertanyaannya : “bagaimana cara menjalan facebook ads untuk bisnis saya?” (bagi yang sudah mulai belajar digital marketing secara lebih dalam.

Baca juga : 9 Strategi Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui

Dalam pengamatan saya pribadi, saat ini hampir semua model bisnis sudah menggunakan strategi digital marketing, mulai dari bisnis skala kecil, menengah maupun besar. Terutama bagi bisnis kecil, digital marketing sangat membantu dalam menjangkau target pemasaran yang lebih luas dengan biaya yang lebih terjangkau.

Contohnya, dulu kita hanya bisa melakukan promosi dengan memasang papan reklame di berbagai tempat, iklan di radio atau bahkan iklan di tv dengan biaya mahal. Tetapi kini, dengan digital marketing, kita bisa melakukan promosi produk dan jasa lewat website, media sosial, email dan lainnya. Secara biaya lebih murah, tapi jangkauan targetnya cukup luas.

Nah, apakah Anda masih ragu menggunakan digital marketing untuk memasarkan produk dan jasa Anda? Di bawah ini beberapa alasan yang dapat menambah keyakinan Anda :

1. Hampir Semua Model Bisnis Saat ini Menggunakannya

Ada sebuah fakta menarik yang dirilis oleh BlueCorona bahwa hanya 1 dari 5 UKM yang belum menggunakan digital marketing. Jangan sampai yang satu itu adalah UKM atau bisnis milik Anda ya, sebab jika semua kompetitor Anda sudah menggunakan digital marketing dan mampu menjangkau pasar lebih luas, maka bisnis Anda akan ketinggalan. Oleh karena itu, jika bisnis Anda memang belum menggunakan strategi digital marketing, sekaranglah waktu yang tepat untuk menggunakannya.

2. Biayanya Lebih Murah

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang hemat biaya, bahkan bisa saja mendekati gratis. Yang pasti Anda tidak perlu membeli atau menyewa peralatan yang rumit ketika menggunakan digital marketing. Selain itu, kita tidak perlu pusing memikirkan biaya tambahan seperti ongkos pengurusan perizinan pemasangan reklame.

Cukup menggunakan komputer atau handphone, Anda sudah dapat promosi melalui website atau media sosial.

Jika ingin yang mendekati gratis, setelah punya website Anda bisa melakukan langkah optimasi SEO agar semakin banyak pengunjung yang datang ke website. Namun apabila Anda memiliki budget khusus, Anda bisa memasang iklan di mesin pencari (google ads) maupun di sosial media (facebook ads, instgram ads).

3. Hasilnya Lebih Efektif

Dengan digital marketing, Anda dapat menjangkau target pemasaran dengan lebih tepat. Trend pengguna internet di Indonesia, mereka menghabiskan hampir 8 jam waktu mereka untuk online, plus 3 jam tiap hari untuk mengakses sosial media. Jika Anda memasarkan produk secara online, tentu akan menjangkau calon konsumen lebih mudah langsung di gadet mereka.

Selain itu, Anda bisa menjalin komunikasi dua arah dengan calon konsumen Anda, apapun platform yang digunakan, bisa dengan berbalas komentar maupun dengan sharing dan like.

Kedekatan inilah yang dapat menimbulkan kepercayaan calon konsumen untuk membeli produk Anda. Faktanya, sebuah bisnis mampu meningkatkan revenue dari puluhan juta, hingga ratusan juta bahkan sampai milyaran rupiah setelah secara aktif memasarkan produk dengan digital marketing.

4. Hasilnya Lebih Terukur

Sangat penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pemasaran Anda, dan digital marketing adalah strategi pemasaran yang dapat diukur (measurable). Setiap pelaksanaan program dimulai dari data yang dimasukkan ke dalam sistem. Mulai dari tujuan, biaya, durasi dan lainnya, kemudian saat program pemasaran menggunakan digital marketing berjalan, Anda langsung bisa melakukan monitoring hasilnya.

Dengan melakukan pencatatan prosentase keberhasilan atau kegagalan suatu program, Anda bisa memutuskan apakah akan melanjutkan program pemasaran tersebut atau menghentikannya, bahkan sebelum program tersebut berakhir.

Jadi, apakah masih ada alasan bagi Anda untuk tidak mulai menggunakan digital marketing sebagai sarana pemasaran produk dan jasa yang Anda miliki saat ini? Saya kira inilah waktu yang tepat untuk meningkatkan omset bisnis Anda menggunakan strategi digital marketing yang sangat potensial ini. Anda punya pendapat? silahkan sharingkan di bagian komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *